CAVING GOA CIKARAE

Siapa sangka kalau di daerah Citeureup, Bogor, Jawa Barat yang lebih dikenal dengan daerah industri semen ternyata menyimpan banyak sekali keindahan perut bumi yang berbentuk goa.

Jarak yang mesti ditempuh untuk menuju Goa Cikarae yang terletak di desa Leuwi Karet dari Linggih Alam kurang lebih 2 km, bisa ditempuh dengan jalan kaki atau kendaraan motor. Goa ini berbentuk horizontal. Panjang goa nya mencapai 2km dengan waktu penelusuran sekitar 3jam.

Setelah dilokasi , akan terlihat mulut goa dengan tinggi sekitar 2 meter dan harus menuruni batuan besar yang licin hanya dengan bantuan senter.

Didalam goa terdapat zona terang , zona senja dan zona gelap

Kemudian didalam terdapat lorong dengan sebuah aliran sungai bawah tanah yang hanya sebatas mata kaki . Lalu akan memasuki jalur pertigaan, zona senja dimana udara mulai sedikit pengap. Biota yg ditemui berupa jangkrik , wallet dan kelelawar.

Ada beberapa lorong yang awalnya berukuran besar , bisa dilewati dengan berjalan biasa tapi beberapa meter kemudian lorong berubah menyempit yg mengharuskan kita berjalan jongkok sampai merayap.

Dan ketika semakin asik menelusuri lorong , akan ada perubahan suhu , udara yang sedikit sesak dan sangat gelap. Yup, ini tandanya berada di zona gelap total. Biota dizona ini berupa laba laba dan kelelawar.

Sampai akhirnya berjalan dengan keadaan goa yang semakin menanjak maka semakin dekat dengan mulut goa. Disitulah bertemu sebuah lorong seperti aula , dimana udara sedikit ringan dan terlihat cahaya masuk ke dalam goa.

Tapi untuk menuju ke mulut goa dengan ketinggian 10 meter, kita harus memanjat batu-batuan besar itu dengan bantuan tali kernmantel.

Well, ini perjalanan yang asik untuk menambah pengalaman kita dalam penelusuran goa atau disebut dengan caving. See u

2 Comments (+add yours?)

  1. mine
    Jul 10, 2012 @ 14:59:38

    halo kak🙂 saya mine, mau tanya2 nih bole? hehehe aku rencana sama temen2 sekolah mau caving juga. ini caving pertama kita kak. mau tanya, apa disana ada pemandunya buat telusur gua?trus apa jalannya hanya satu? jadi kita tdk perlu khawatir akan tersasar begitu kak?
    mohon bantuannya ya kak:) terimakasih😀

    Reply

  2. ayukemala
    Nov 11, 2012 @ 18:01:10

    halo mine *maaf telat*
    waah kalo pemandu khusus dari lokasinya sih ngga ada , tapi warga sekitar banyak yang tau seluk beluk goa nya ko. Itu dulu jalan masuk nya memang dari situ, dan jalan keluarnya nanjak keatas pake tali atau bisa dengan putar balik arah kembali ke jalan masuk tadi .🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: