Jaga Kesehatan Otak

Otak punya peranan sangat penting untuk kehidupan manusia. Kalau nggak ada otak, organ-organ tubuh yang lain nggak bisa digunakan. Nah, untuk itu kita harus coba perhatikan kesehatan otak sedini mungkin. Gimana ya, caranya?

Tidur cukup
Jangan sering begadang. Kita harus tidur paling tidak delapan jam sehari. Ini untuk mengistirahatkan otak dan organ-organ tubuh yang lain. Walau tidak sepenuhnya istirahat, setidaknya kerja otak berkurang di saat tidur.

Jangan Berpikir Terlalu Keras
Berpikir terlalu keras bisa memicu datangnya stres, bahkan depresi. Apalagi hal yang dipikirkan nggak ada penyelesaian atau ujungnya. Stres bisa melemahkan jaringan otak sehingga nggak berfungsi maksimal. Akibatnya, organ tubuh yang lain mudah terkena penyakit. Untuk itu, bila sudah merasa stres, disarankan untuk berbagi ke orang yang dipercaya alias curhat.

Makan Teratur
Pastinya, otak memerlukan asupan nutrisi yang cukup untuk bekerja. Biasakan sarapan pagi yang tidak terlalu berat untuk memulai aktivitas sehari-hari. Hindari makanan mengandung kadar gula tinggi karena bisa menghalangi penyerapan protein dan nutrisi dalam tubuh kita.

Olahraga Otak
Jangan pernah membiarkan otak nggak berpikir. Coba ajak otak bermain teka-teki atau puzzle. Permainan berpikir ini bisa membuat kita terasah dan mengurangi resiko penumpukan protein jenuh yang merugikan kesehatan otak. Permainan ini juga bisa membuat otak kita berkembang

So, mulailah untuk mencintai otak kita

sumber :
http://www.gadis.co.id/gaul/ngobrol/jaga.kesehatan.otak/001/007/652

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: