Tradisi Unik Tahun Baru

Tahun baru merupakan perayaan yang ditunggu-tunggu hampir setiap kita. Setelah melewati 365 hari dan 12 bulan dalam satu tahun. Tepat pada 1 Januari, semua orang di dunia bersuka cita merayakannya. Kalau di Indonesia biasanya memeriahkannya dengan kembang api, barbecue, dan main terompet. Bagaimana dengan tradisi perayaan di negara lain ya?

Italia

Keluarga di Italia memiliki kebiasaan menyambut tahun baru dengan menyalakan api unggun yang besar dan tidak boleh padam dalam satu hari. Sebab, menurut kepercayaan mereka, api berasal dari matahari. Nah, bila api di hari tahun baru padam, maka mereka mempercayai sepanjang tahun tidak akan merasakan sinar matahari.

Yunani

Tiap tanggal 1 Januari, penduduk Yunani biasa menebar biji delima sebagai simbol kemakmuran di sepanjang tahun. Karena menurut mereka, buah delima melambangkan kesuksesan dan kemakmuran.

Jepang

Orang Jepang biasanya merayakan tahun baru dengan menikmati beberapa makanan yang memiliki filosofi. Makanan tersebut berupa, telur ikan yang menyimbolkan kemakmuran, tatsukuri yang melambangkan kesuburan dan manisan tumbuhan laut sebagai simbol perayaan.

Spanyol

Memakan 12 biji buah anggur dan berdoa merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh orang Spanyol tepat tengah malam, pada tanggal 31 Desember. Jumlah anggur yang dimakan merupakan simbol 12 harapan pada 12 bulan di tahun yang baru.

Jerman

Masyarakat Jerman mengharuskan menghabiskan sisa hidangan perayaan tahun baru tanpa sisa. Nah, hidangan klasik yang biasa disajikan saat tahun baru adalah ikan mas. Nah lucunya, duri ikan mas tersebut akan dibagikan ke para tamu yang hadir sebagai good luck charm. Mereka melakukan tradisi itu karena mereka percaya dengan menghabiskan sisa makanan sampai ke tulangnya, mereka tidak akan mengalami kekurangan sepanjang tahun

http://www.gadis.co.id/gaul/ngobrol/tradisi.unik.tahun.baru/001/007/576

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: