EVALUASI ALTERNATIF

Kata evaluasi berasal dari bahasa Inggris evaluation yang berarti penilaian atau penaksiran (John M. Echols dan Hasan Shadily: 1983).

Evaluasi alternative adalah suatu pertimbangan akan suatu barang yang akan dibeli dengan alternative lainnya yang dilakukan oleh konsumen sebelum melakukan pembelian. Konsumen memproses informasi dari beberapa informasi dan membuat pertimbangan untuk memuaskan kebutuhan, konsumen mencari manfaat produk dan memandang produk sebagai suatu rangkaian atribut,

Philip kotler mengemukakan, “Konsumen mempelajari merek-merek yang tersedia dan ciri-cirinya. Informasi ini digunakan untuk mengevaluasi semua alternatif yang ada dalam menentukan keputusan pembeliannya”(1998:170).
Kriteria penilaian alternatif terhadap suatu barang adalah :

* Harga
* Merk
* Model
* Kualitas

Nah saat sesuatu barang sudah dievaluasi, biasanya orang yang mengevaluasi akan mengambil keputusan tentang nilai atau manfaatnya. Uraian tersebut akan sebagai bahan pertimbangan agar barang yang kita beli ini memiliki nilai guna yang maksimal dan adanya kepuasan terhadap pembelian.

http://www.google.co.id/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: