PEMBELIAN ONLINE

Pembelian Online, order barang secara online atau belanja online adalah sebuah kegiatan belanja yang dilakukan lewat media internet. seiring perkembangan teknologi khususnya sejak diperkenalkanya internet sebagai media baru, penggunaan Internet sebagai media untuk jual-beli semakin meningkat.

Pembelian online atau belanja barang secara online kini menjadi sebuah gaya hidup Masyarakat modern, dimana trendnya semakin lama semakin meningkat. banyak keuntungan dan kemudahan yang didapat menjadi salah satu faktor yang memicu trend pembelian online atau belanja online.

Untuk melakukan transaksi jual-beli online sangat mudah. kita hanya perlu menyalakan internet dan mulai menjalankan browser untuk mencari barang dan harga yang cocok di situs atau webstore. setelah memilih barang yang ingin dibeli, kita hanya perlu melakukan pembayaran. alat pembayaran yang paling sering digunakan adalah mengunakan paypal atau kartu kredit

Keuntungan Pembelian online atau belanja online :

1. Menghemat Waktu

Dengan menggunakan internet sebagai media untuk beli barang atau berberlanja secara online akan menghemat waktu secara signifikan, dimana kita tidak perlu datang ke tempat barang tersebut. yang perlu kita lakukan hanya dengan cek barang secara visual lewat media internet. hal ini tentu sangat memudahkan kita dan cukup menghemat waktu.

2. Menghemat Biaya

Pembelian online sangat menghemat biaya. penghematan ini ditinjau dari tidak perlunya kita mengunakan transportasi untuk datang ke tempat barang yang ingin di beli. terkadang barang yang dijual secara online di situs-situs terkenal luar negeri juga memiliki harga yang lebih murah dibanding dengan harga jual barang di tempat kita.

3. Efisien

Pembelian online sangat efisien karena kita bisa memangkas banyak tahapan yang biasa dilakukan saat membeli barang secara tradisonal. salah satu efisiensi tersebut adalah tidak perlunya kita mengantri di kasir untuk membayar barang yang kita inginkan, tidak perlunya kita untuk membawa belanja kita karena dengan membeli atau belanja secara online, barang belanja kita akan diantar sampai di rumah.

4. Lintas Batas

Pembelian online tidak mengenal batasan waktu dan tempat. Anda bisa membeli barang atau belanja kapan pun dan di manapun. jika barang yang anda inginkan ada di luar negeri, dengan adanya pembelian online atau belanja secara online anda tidak perlu harus datang dan berkunjung ke luar negeri hanya untuk berbelanja barang yang anda inginkan. cukup dengan browse di internet dan melakukan pembayaran maka barang yang anda inginkan akan didapatkan dengan mudah.

Kelemahan Belanja Online :

  • Kualitas barang yang diinginkan kadang-kadang berbeda kualitasnya dengan yang tercantum di website.
  • Rentan aksi penipuan dimana banyak kasus ketika pembeli telah mengirim sejumlah uang yang disepakati, barang yang dibeli tidak dikirim
  • Rentan rusak atau pecah karena media pengiriman adalah pos
  • Rentan aksi pemboboloan rekening karena pembayaran dilakukan melalui Internet
  • Marak aksi spamming karena setelah pembeli melakukan registrasi, penjual cenderung selalu mengirimkan katalog online melalui email pembeli dan hal ini cukup mengganggu privacy

 

Sumber : http://pembelianonline.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: