KELAS SOSIAL

*Perilaku Konsumen Kaitannya dengan Kelas Sosial*

Image

Kelas sosial merupakan pembagian tingkatan anggota masyarakat berupa tingkatan status yang lebih tinggi, menengah, maupun kelas yang lebih rendah.

Aspek kelas sosial begitu penting bagi pemasar dan produsen untuk menentukan konsumen mana yang akan dituju dari produk yang telah diciptakan, apa untuk status yang lebih tinggi atau status yang lebih rendah

Kelas sosial ternyata mempunyai pengaruh kuat dalam pembelian kebutuhn sehari hari misalkan dalam pemilihan jenis mobil, pakaian, perabot rumah tangga, properti, dan rumah. Produk yang dibeli pun biasanya erat hubungannya dengan penghasilan yang dimiliki rumah tangga orang tersebut.

Untuk kelas sosial dari status sosial yang lebih tinggi akan membeli barang kebutuhan yang bermerek dan terkenal. sedangkan untuk kelas sosial dari status yang lebih rendah akan membeli barang kebutuhan yang tidak memiliki merek terkenal dan membeli barang sesuai kemampuannya.

>Lioyd Warner membagi pasar ke dalan enam kelas sosial, yaitu : (karakteristik Indonesia)

Kelas A+ (atas-atas) pengeluaran perbulan > Rp 8.000.000,-

Kelas A (atas-bawah)………………………Rp 6.000.000,- sampai Rp 8.000.000,-

Kelas B+ (menengah-atas)…………………Rp 4.000.000,- sampai Rp 6.000.000,-

Kelas B (menengah-bawah)…………………Rp  700.000,- sampai Rp 4.000.000,-

Kelas C+ (bawah-atas)…………………….….…Rp 300.000,- sampai Rp 700.000,-

Kelas C (bawah-bawah)…………………….……< Rp 300.000,-

 

*Jadi pada intinya, peerbedaan kelas sosial juga membedakan bagaimana mereka bersikap, nilai-nilai yang mereka anut, cara mereka dalam memilih produk dan berbelanja. Hingga pada akhirnya dapat ditarik kesimpulan singkat bahwa kelas sosial mempengaruhi bagaimana perilaku konsumen, begitu pula sebaliknya .

 

Sumber & Referensi :

http://www.google.co.id/

Rhenald Kasali, 2005. Membidik Pasar Indonesia, segmentasi, targeting,positioning, Gramedia, Jakarta.(hal. 118-366) dan Philip Kotler Manajemen Pemasaran.2002. Prenhallindo, Jakarta.(hal.291-316)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: