KELOMPOK REFERENSI

KEL REFERENSIKelompok referensi / acuan menurut Kotler dan Armstrong adalah :

“Kelompok -kelompok yang memiliki pengaruh  langsung atau pengaruh tidak langsung pada sikap dan prilaku seseorang.”

Terdapat beberapa bentuk kelompok acuan yang dapat mempengaruhi konsumen dalam perilaku konsumsi, yaitu kelompok pertemanan, kelompok belanja, kelompok kerja, komunitas maya dan kelompok aksi konsumen.

Kelompok referensi bisa mempengaruhi perilaku seseorang  dalam pembelian produk dan sering dijadikan pedoman oleh konsumen dalam bertingkah laku dan menjadi penyebar pengaruh dalam hal selera. Oleh karena itu konsumen selalu mengawasi kelompok tersebut baik prilaku fisik maupun mentalnya.

Dalam strategi pemasaran, agar dapat diterima konsumen maka informasi disampaikan oleh opinion leader atau kelompok acuan yang sesuai dengan karakteristik produk atau jasa yang ditawarkan.

Kelompok acuan yang digunakan oleh pemasar :

  • Selebriti
  • Ahli/Pakar dalam bidang pekerjaan, pendidikan atau pengalaman
  • Orang biasa sebagai konsumen yang puas akan produk yang dipasarkan
  • Pemimpin dan karyawan sebagai pembicara
  • Karakter fiktif yang dapat menyampaikan pesan , dll

 

Sumber :

http://manajemenmandiri.wordpress.com/2012/05/14/fungsi-kelompok-dan-kelompok-referensi-dalam-mempengaruhi-konsumen/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: