Tugas Komputer Lembaga Keuangan Perbankan

Nama    : Ayu Kemala Sari
NPM      : 11210246
Kelas     : 3EA09

Matakuliah ini pada dasarnya membicarakan tentang uang.

Fungsi uang ini sendiri adalah sebagai alat tukar, satuan hitung, dan sebagai alat ukur kekayaan atau kemakmuran seseorang.

Klasifikasi kekayaan ada dua, kelebihan kekayaan ( A ) dan kekurangan kekayaan ( B )

# Contoh siklus antara si A dan si B #

Part 1

Ketika si A mempunyai kekayaan yang menumpuk , ia akan mencari tempat yang aman untuk menghimpun hartanya. Bank adalah opsi yang pertama. Menghimpun dana bisa dilakukan dalam bentuk tabungan, giro, dan deposito. Keuntungan yang akan diperolah si A adalah reward berupa bunga atau hadiah, ya walaupun persenan suku bunganya sangat tipis

Nah karna bank adalah lembaga keuangan masyarakat, maka ketika si B mempunyai masalah keuangan maka ia akan membutuhkan dana dan bank akan memberi kredit pinjaman dana dengan persenan bunga yang cukup tinggi. Misalnya si B meminjam dana ke bank sebesar Rp. 9.000.000 ,- maka pada 2 atau 3 bulan kemudian ia harus mengembalikannya dengan bunga 10% dan mencapai Rp.10.000.000,-

Part 2

Menghimpun dan menginvestasi dana gak cuma dibank , tapi bisa di pasar modal. Dimana si A sebagai investor bisa bertemu langsung dengan si B yang membutuhkan modal (emiten). Modal disini dalam artian fisik uang loh, melainkan uang yang sudah direpresentasikan dalam bentuk surat berharga, yaitu saham dan obligasi .

  1. Saham, merupakan surat bukti kepemilikan investor sebagai pemodal.Saham memberikan return dalam bentuk Deviden ( laba yang dibagikan yang biasanya dibayarkan sekali setaun) dan Capital gain (selisih tingkat harga kenaikan saham).

Pada capital gain, misalnya investor membeli saham 11 Maret 2013 09.30 = 1000/lembar sedangkan pada pukul 11.00  menjualnya menjadi 1500 / lembar, maka capital gainnya sebesar 500/lbr

  1. Obligasi . merupakan surat hutang jangka panjang perusahaan

Keuntungan obligasi adalah pendapatan tetap berupa kupon. Berinvestasi diobligasi hampir sama dengan deposito dibank, tapi bunga yang ditawarkan obligasi umumnya lebih tinggi daripada bungan di deposito.

Jadi pada intinya, bagi mereka yang melakukan investasi kekayaaan(A) , keuntungan bunga yang ditawarkan bank lebih kecil dibandingkan pasar modal. Dan bagi mereka yang membutuhkan modal (B), bunga pada saat pinjaman kredit yang ditawarkan bank lebih besar daripada pasar modal.

Wasalam..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: